Selasa, 12 Juni 2012

HIKMAH PENCIPTAAN SETAN

HIKMAH PENCIPTAAN SETAN...Setan yang paling besar adalah iblis, iblis hanya satu sedangkan setan banyak karena hakekat setan adalah semua yang membangkang baik manusia atau jin (QS. Al An’am :112). Setan ini pembawa kejahatan dan penyakit juga sebagai panglima penghancur urusan dunia dan akherat, ia mencari kekuasaan disetiap waktu da tempat, mengajak kekafiran serta mendurhakai Allah yang maha ra...hman. Apakah ada hikmahnya ? Hanya Allah yang maha tahu hikmahnya secara terinci. Diantara hikmah-hikmahnya al :
1. MENYIAPKAN DIRI UNTUK MEMERANGI SETAN DAN SEKUTUNYA DENGAN MENYEMPURNAKAN IBADAH. Para Rasul, Nabi, Kekasih Allah menentang setan dan sekutunya agar mendapat ridho Allah. Mereka meminta pertolongan dan perlindungan kepada Allah. Dengan memerangi setan mereka akan mendapat kebaikan dunia dan akherat. QS. Al Baqarah : 208 dan Fathir : 6.
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا ادْخُلُوا فِي السِّلْمِ كَافَّةً وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِينٌ (208)
إِنَّ الشَّيْطَانَ لَكُمْ عَدُوٌّ فَاتَّخِذُوهُ عَدُوًّا إِنَّمَا يَدْعُو حِزْبَهُ لِيَكُونُوا مِنْ أَصْحَابِ السَّعِيرِ (6)

2. Agar para hamba takut akan dosa . Malaikat dan orang-orang mukmin takut akan dosa setelah menyaksikan iblis. Iblis turun dari tingkatan para malaikat ke tingkat paling rendah, sehingga para malaikat semakin meningkatkan ibadah kepada Allah dan takut akan azab dan siksa Allah.

3. Setan sebagai contoh atau gambaran akibat bagi yg durhaka. Siapapun yang membangkang walau ...sebelumnya baik-baik maka tetap mendapat hukuman, maka agar mereka segera bertaubat seperti nenek moyangnya yaitu Adam dan Hawa.

4. Menjadikan setan sebagai fitnah atau ujian dan peringatan bagi hamba. Keburukan adalah watak mereka maka manusia harus berhati-hati dan waspada agar tidak tertipu sebab manusia juga memiliki potensi berbuat buruk. Dalam hadits :'' Sesungguhnya Allah menciptakan nabi Adam 'alaihissalam dari kumpulan seluruh tanah, hingga jadilah anak keturunannya seperti itu juga" (HR. Attirmidzi). Karena tanah memiliki kebaikan dan keburukan, suka dan duka. Setan sebagai pembeda antara jenis kebaikan dan keburukan. Ya Allah ya Tuhan kami selamatkan kami dan anak cucu keturunan kami dari godaan setan yang terkutuk. Aamiin.


6. Memperbaiki rasa syukur hamba, Adam ketika di surga ia sangat senang dan bersyukur kepada Allah namun setelah dikeluarkan bertambahlah rasa syukurnya, semakin tahu bahwa surga itu tidak ada bandingannya dg apa yg ada di dunia/bumi.

7. Menjadikan ragam dalam ibadah (ghoiru mahdhah) ibadah yang yang berkaitan dengan hati seperti rasa cinta (mahabbah), taubat, tawak...kal, sabar, ridho, husnuzh zhan dan melawan bisikan setan. 

8. Penjelas dari ayat-ayat-Nya dan mukjizat yang diberikan kepada rasul. Setan memusuhi dan mendustakan rasul kemudian Allah berikan mukjizat kepada rasul tersebut, seperti tongkat Musa, banjir pada zaman Nuh dll.

 9. Jin diciptakan dari api. pertanda bahwa dalam api ada unsur pembakar, kesombongan dan kerusakan. Begitu pula manusia diciptakan dr tanah memiliki unsur baik dan buruk, suka dan duka, merah dan hitam dll. Untuk menunjukkan bahwa tidak ada yg menyerupai Allah. 

10. Dengan adanya sang terlaknat menjadikan ahmba yang dicintai-Nya semakin banyak, manusia yg sadar akan gangguan setan maka akan selalu mawas diri, hati-hati. Dengan membensi setan dan perbuatannya akan menjadikan hamba mengerjakan apa yg dicintai-Nya sehingga menjadi hamba yang dicintai Allah. Semoga dengan pemahaman ini kita semakin dekat kepada Allah. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar