Selasa, 12 Juni 2012

TINGKATAN-TINGKATAN PENYESATAN

MARATIBUL IGHWAA'(TINGKATAN-TINGKATAN PENYESATAN) ...Setan menguntit manusia dan mencari-cari kesempatan untuk menyesatkan dan merusak manusia, hingga manusia masuk dalam golongan mereka yg merugi. Ibnu Qoyyim mengatakan ada 6 tingkatan penyesatan setan, yaitu :
1. Al Kufru wasy syirku (kufur dan syirik serta melawan Allah dan Rasul-Nya) ini tujuan pertama penyesatannya, jika telah berhasil melih...at kekafiran dan kesyirikan maka setan merasa puas dan nyantai. Jika blm berhasil ia akan kerahkan segala kekuatan dan bala tentaranya untuk mencapai tujuannya.
2. Al Bid'atu. Bid'ah ini lebih setan sukai dari pada fasiq dan maksiat, karena bahanya bagi agama adalah bahaya yang menular, dosa yg tidak diampuni, menyelisihi dakwahnya para rasul.
3. Al Kabair. Dosa-dosa besar denga segala bentuknya. jika setan tdk berhasil membuat kufur,syirik dan bid'ah manusia muslim akan digiring unt melakukan dosa besar.
4. As Shaghaair. Dosa-dosa kecil. Jika tingkatan ketiga juga gagal maka setan mentarget manusia beriman supaya melakukan dosa-dosa kecil, namun dosa kecil jika dilakukan terus menerus akan menjadi besar juga.
5.Isyghaaluhu bil mubahaat. Menyibukkan orang beriman dengan hal-hal yg mubah, banyak tidur, makan, minum, pakaian, begadang sia-sia sehingga berkurang amal ibadahnya.
6. An Yusyghilahu bil 'amal al mafdhuli anil fadhil. Menyibukkan manusia dg perbuatan yg tidak penting dari yg penting. Shalat jama'ah di masjid bagi laki2 adalah wajib namun kebanyakan orang melakukannya di rumah dg keluarganya. Hati-hati dan waspada ! Wallahul musta'aan (Allah adalah tempat kita memohon pertolonganNya).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar